Makalah Madrasah Nidzamiyah

           
Sejarah pendidikan Islam mencapai puncak kejayaan pada masa Abbasiyah dan Umayyah, ini tidak terlepas dari keberhasilan para pakar pendidikan di masa itu. Bukti dari keberhasilan tersebut telah dapat dirasakan oleh umat Islam dalam berbagai bidang dan juga merupakan cikal bakal munculnya pencerahan di dunia Eropa.
Pelaksanaan pendidikan Islam pada masa tersebut mengalami prioritas, dimulai dari tingkat sederhana hingga tingkat tinggi. Dari yang dikelola oleh khalifah (pemerintah), seperti yang dilaksanakan di rumah- rumah, kuttab- kuttab, di masjid serta di madrasah. Dari sinilah mulanya para pelajar dan sarjana muslim bahkan yang non sekalipun menuntut berbagai disiplin ilmu.
Di saat Abbasiyah mengalami kemunduran di Baghdad (Abbasiyah kedua) menjadi kerajaan- kerajaan kecil dan berkuasanya orang- orang Turki, masalah pendidikan tetap menjadi perhatian para khalifah dan orang- orang kaya, sehingga pendidikan berhasil mencetak para pelajardan sarjana sesuai dengan yang diharapkan. Di tiap Negara Islam pemerintah membutuhkan pegawai- pegawai resmi (wazir) dalam menjalankan pemerintahan Negara, untuk mendukung keinginan tersebut muncul system persekolahan (madrasah).

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *