Makalah Langkah-Langkah Penafsiran,Konsolidasi Dan Membuat Sintesa

           
Untuk memperoleh hasil penelitian dari data yang baik dan berkualitas, setelah melewati beberapa definisi tentang penelitian tindakan kelas dalam meyusun laporan penelitian.Menurut Wiriaatmadja ada empat langkah dalam menafsirkan data yaitu mengkonsolidasaikan data, membuat sintesis, serta membuat persamaan, analog dan metafora.
Tetapi penjelasan kami hanya sampai di membuat sintesis. Jadi, pada saat akhir penelitian, tidak cukup hanya mendiskusikan label, tetapi harus bertindak lebih jauh lagi yaitu peneliti harus memberikan penafsiran atau interpretasi. Memberikan intenpretasi adalah memberikan arti yang lebih luas dari penemuan penelitian. Kemudian maksud dari mengkonsolidasi data. Arti konsolidasi sendiri adalah suatu tindakan untuk menyatukan, memperkuat, dan memperteguh hubungan antara dua kelompok atau lebih sehingga terbentuk suatu kesatuan suatu kesatuan yang lebih kuat. Jika dalam penelitian, tahap ini digunakan untuk memperkuat hipotesa. Selanjutnya.
Mengaplikasikan teori yaitu suatu tujuan guru untuk mengaplikasikan suatu tujuan dalam pembelajarannya kepada siswa, agar materi maupun pemahaman yang disampaikan guru bisa mengakar kepada siswa. Misalnya peneliti ingin menguji coba menggunakan teori behaviorisme, jadi, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Yang menuntut siswa untuk mengungkapkan kembali pengetahuan yang sudah dipelajari atau memberikan suatu perubahan tingkah laku untuk menemukan hasil belajar.
Berlainan dengan mengaplikasikan teori, membuat sintesis dari koleksi data peneliti membutuhkan berbagai sudut pandang dan konteks yang melampaui. Membuat sintesis memerlukan upaya interdisiplinerdan juga intradisipliner. Jadi pada dasarnya sintesis adalah merangkum intisari bacaan yang berasal dari beberapa sumber untuk menggabungkan semua pengetahuan yang diperoleh untuk menyusun satu pandangan dunia

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *