Makalah Langkah Langkah Menyusun Kompetensi

           
Berlakunya aturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pelaksanaan otonomi pendidikan menuntut adanya upaya pembagian kewenangn dalam berbagai bidang pemerintahan. Hal tersebut membawa dampak implikasi terhadap system penyelenggaraan pendidikan yaitu pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Dua hal tersebut mendapat perhatian yaitu: diverivikasi kuikulum dan standar kompetensi
Badan Standart Nasional Pendidikan (BSPN) telah melakukan standar isi, yang kemudian dituangkan kedalam peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 yang mencakup dua komponen yaitu:
1. Standar Kompetensi yang merupakan ukuran kemampuan minimal yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dicapai, diketahui dan pandai dilakukan oleh peserta didik disetiap tingkatan dari suatu materi yang diajarkan.
2. Kompetensi Dasar yaitu penjabaran dari standar kompetensi peserta didik yang cakupan materinya lebih sempit disbanding dengan SK peserta didik.
Pada makalah ini, penulis akan menjelaskan mengenai pembahasan selanjutnya yang akan diuraikan pada bab dua yaitu pada bagian pembahasan.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *