Makalah Konsep Time Value Of Money Dalam Perspektif Islam

           
Dalam kegiatan investasi sehari-hari, ternyata tidak semuanya berjalan dengan baik dan berakhir dengan untung. Oleh karena itu, perlu dilakukan studi kelayakan investasi. Studi kelayakan investasi merupakan suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan atau usaha bisnis yang akan dijalankan dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan.
Penentuan layak atau tidaknya suatu usaha dapat dilihat dari berbagai aspek. Ukuran kelayakan tiap proyek berbeda-beda berdasarkan jenis usahanya, namun mengacu pada penilaian aspek-aspek yang sama. Secara umum, untuk menilai layak atau tidaknya suatu investasi baik lembaga keuangan (swasta) maupun pemerintah, banyak menggunakan konsep time value of money (nilai waktu uang) sebagai bahan pertimbangan.
Dalam ilmu ekonomi konvensional, value of money atau yang disebut para ekonom sebagai positive time preference menegaskan bahwa nilai komoditi pada saat ini lebih rendah dibanding nilainya di masa depan. Artinya, nilai uang di masa kini akan lebih berharga dibandingkan dengan di masa mendatang. Seiring dengan berjalannya waktu, maka uang harus ditingkatkan nilai nominalnya agar nilai riilnya tetap sama. Jadi, uang harus selalu bertambah dan bertambah karena berjalannya waktu. Oleh karena itu, konsep ini sangat terkait dengan konsep diskonto. Diskonto dalam positive time preference ini biasanya didasarkan pada tingkat bunga (interest rate), sehingga bunga berfungsi sebagai alat ukur dalam penentuan nilai waktu modal dan investasi.
Dalam ekonomi Islam, time value of money telah diklaim oleh sebagian besar ahli ekonomi Islam6 sebagai sesuatu yang diharamkan karena adanya unsur riba di dalamnya. Dalam ajaran Islam, uang dianggap sebagai alat penukar yang memiliki nilai dan bukan sebagai barang dagangan. Uang menjadi berguna jika ditukar dengan benda yang nyata atau untuk membeli jasa, sehingga tidak dapat diperjualbelikan secara kredit. Berdasarkan hal tersebut, bagaimana time value of money dalam perspektif ekonomi Islam? Inilah permasalahan mendasar yang menjadi objek pembahasan tulisan ini.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.