Makalah Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif KH. Hasyim Asy’ari

           
Pendidikan hendaknya mampu menggantarkan umat manusia menuju kemaslahatan, menuju kebahagian dunia dan akhirat, Pendidikan hendaknya mampu mengembangkan serta melestarikan nilai-nilai kebajikan dan norma-norma Islam kepada generasi penerus umat dan penerus bangsa, Umat Islam harus maju dalam berbagai keilmuan agar kita tidak terbodohi oleh bangsa atau umat yang tidak searah dengan kita. Umat Islam harus berjalan sesuai dengan nilai dan norma-norma Islam.
Menurut ilmu atau belajar menurut KH. Hasyim Asy’ari merupakan ibadah untuk mencari ridha Allah, yang mengantarkan manusia untuk memperoleh kebahagiaan dunia akhit. Karena belajar harus diniatkan untukmengembangkan dan melestarikan nilai-nilai Islam, bukan hanya untuk sekedar menghilangkan kebodohan.
Dalam dunia Pendidikan banyak sekali terjadi persamaan pendapat dan perbedaan pendapat khususnya dalam hal konsep pendidikan. Dalam pemikiran KH. Hasyim Asy’ari lebih fokus kepada persoalan-persoalan etika dalam mencari dan menyebarkan ilmu. Beliau berpendapat bahwa bagi seseorang yang akan mencari Ilmu pengetahuan atau menyebarkan ilmu pengetahuan, yang pertama haris ada pada diri mereka adalah semata-mata mencari ridha Allah.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *