Makalah Konsep Dasar, Tujuan dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam

           
Pendidikan menurut Islam merupakan pemberi warna hitam putihnya suatu perjalanan hidup manusia. Oleh karena itu ajaran Islam menentukan bahwa pendidikan ialah suatu kegiatan yang wajib hukumnya bagi laki-laki dan perempuan, berlangsung seumur hidup semenjak dari lahir hingga ajal mendatang.
Dewey berpendapat bahwa pendidikan sebagai suatu kebutuhan hidup, suatu fungsi sosial, sebagai bimbingan dan sebagai sarana pertumbuhan, yang mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin hidup dengan transmisi, baik secara informal maupun nonformal.
Pendidikan senantiasa mengandung pemikiran dan kajian baik secara konseptual maupun operasionalnya, sehingga memperoleh relafansi dan kemampuan menjawab suatu tantangan juga memecahkan masalah-masalah yang dihadapi manusia.
Pemikiran dan kajian tentang pendidikan dilakukan oleh para ahli dalam berbagai sudut tinjauan dan disiplin ilmu seperti agama, filsafat, sosiologi, ekonomi, polotik, sejarah dan antropologi. Oleh karena itu sangat diperlukan untuk mempelajari tentang pengertian filsafat pendidikan islam serta ruang lingkup filsafat pendidikan islam guna untuk menambah wawasan mengenai perihal tersebut.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.