Makalah Konsep Dasar Statistik

           
Pada setiap lapangan pekerjaan, setiap pimpinan dan karyawan selalu dihadapkan dengan masalah atau persoalan yang diantara lain dinyatakan dengan angka-angka. Angka-angka ini bias memberikan gambaran atau penjelasan kepada pimpinan tentang apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi pada instansi yang dipimpinnya, serta bias untuk menarik kesimpulan dari semuanya.
Kata statistik pada mulanya adalah sebagai bahan kumpulan keterangan data, baik yang berupa angka (data kuantatif), maupun data tidak berupa angka (data kualitatif). Dan semuanya itu mempunyai arti yang penting bagi Negara. Tetapi dengan berkembangnya pengertian statistik dibatasi dengan angka yang berupa data saja, sedangkan data yang bukan angka bukan statistik.
Jadi statistik adalah kesimpulan fakta berbentuk angka yang disusun dalam bentuk daftar atau table yang menggambarkan suatu persoalan. Sedangkan statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisa data, penarikan kesimpulan dan pembuatan keputusan yang cukup beralasan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *