Makalah Konsep Dasar Pembelajaran

           
Mata pelajaran Fiqih adalah salah satu pelajaran pendidikan agama yang menjadi ciri khas Islam pada madrasah, yang dikembangkan melalui suatu kegiatan untuk menyiapkan siswa menyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam baik yang berupa ajaran ibadah maupun muamalah melalui kegiatan pengajaran, bimbingan dan latihan sebagai bekal dalam melanjutkan pada jenjang pendidikan tinggi.
Obyek pembahasan Fiqih meliputi tiga hal yaitu: pembahasan tentang ibadah dalam segala aspeknya, dari thaharah, wudhu, mandi, tayamum, shalat, zakat, puasa dan haji. Pembahasan tentang aspek muamalah antara lain: jual beli dan nikah. Pembahasan tentang jirayah aspek kriminal antara lain: tentang batasan sanksi serta hukuman dan proses pembuktian melalui kesaksian. Dari obyek pembahasan Fiqih tersebut, terlihat bahwa Fiqih begitu penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman yang tinggi dalam mempelajari Fiqih.
Mata pembelajaran Fiqih membutuhkan praktek dalam setiap sub bahasannya, agar guru tidak mendominasi jalannya proses belajar mengajar, maka guru pendidikan agama Islam diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang suatu metode pembelajaran yang bervariasi. Pendidikan tidak akan efektif apabila tidak akan melakukan metode ketika menyampaikan suatu materi dalam proses belajar mengajar. Dalam proses pendidikan agma Islam, pendidikan yang tepat guna adalah pendidikan yang mengandung nilai-nilai sejaran dengan materi pelajaran dan secara fungsional dapat dipakai untuk merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan Islam.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.