Makalah Kompetensi Guru Profesional

           
Di sebuah negara Pendidikan merupakan bagian terpenting yang akan menjadikan negara tersebut lebih maju,dengan generasi muda yang berpendidikan berkarakter. Sebuah negara akan berhasil jika ditunjang dengan pendidikan yang bermutu ,tapi juga sebaliknya jika pendidikannya tidak bermutu maka sudah tentu negara tersebut tidaklah dikatakan sebagai negara maju, dengan pendidikan maka akan terlahir pemimpin berkarakter.
Dalam pendidikan berkaitan dengan keberadaan guru di dalamnya. Keprofesionalan seorang guru sangatlah dituntut untuk menghasilkan peserta didik yang bermutu. Dalam bahasa Jawa Guru berarti “ Digugu dan Ditiru”. Oleh karena itu segala yang di ajarkan guru akan diserap oleh muridnya, dengan begitu Seorang guru yang profesional sangatlah dibutuhkan dalam pendidikan berkarakter.
Guru yang profesional tidak hanya mengajar namun juga membimbing, mengarahkan, menata, dan mengolah kelas dengan baik, dengan begitu peserta didik dapat belajar dengan tenang dan benar serta dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan seorang guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.
Oleh karena itu, untuk guru profesional harus memenuhi persyaratan akademik minimal S1/ D4 dibuktikan dengan ijazah dan persyaratan relevansi mengacu pada jenjang pendidikan yang dimiliki dan mata pelajaran yang dibina. Misalnya guru MI dipersyaratkan lulusan S1/D4 Jurusan PGMI/ Pendidikan dan lainnya, sedangkan guru matematika SMP,MTS,SMA,dan SMK dipersyaratkan lulusan S1/D4 jurusan program studi Pendidikan Matematika dan Studi Matematika.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.