Makalah Kinerja Guru Dalam Mendesain Pembelajaran

           
Belajar adalah suatu proses yang berlangsung di dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik tingkah laku dalam berpikir, bersikap, dan berbuat. Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu yang melibatkan sistem dalam dunia pendidikan yaitu; guru/pendidik, peserta didik, materi, tujuan dan alat. Dalam pembelajaran yang didesain atau direncanakan haruslah efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan diterima dengan baik oleh peserta didik sehingga tujuan nasional pendidik mampu dicapai dengan baik.
Dalam pembelajaran dan pendidikan seiring dengan berkembangnya pendidikan dan sistem pendidikan di Indonesia, seluruh elemen masyarakat, utamanya yang terkait langsung dengan pendidikan dituntut untuk lebih kreatif dan profesional untuk mengembangkan pendidikan. Selain itu, para pelaku pendidikan juga diharapkan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan bersama sesuai dengan kebutuhan dan tantangan pendidikan.
Untuk itulah pengetahuan mengenai desain dan perencanaan pembelajaran menjadi penting untuk diketahui sebagai calon pendidik. Desain dan perencanaan pembelajaran memiliki fungsi yang beragam yang kesemuanya bermuara pada tujuan yang sama yaitu agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisisen sehingga output yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang tidak diragukan.
Maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai fungsi dan pentingnya desain dan perencanaan pembelajaran yang merupakan hal penting dalam suatu proses pembelajaran itu sendiri.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *