Makalah Kewajiban Penyediaan Modal Minumum

           
Perbankan memiliki peran yang penting dalam sektor perekonomian di Indonesia, sebagaimana tugas dan fungsi lembaga keuangan tersebut sebagai penghimpun dana dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat serta dengan jasa perbankan lainnya (Kasmir, 2010). Bank menjadi tempat bagi badan atau perusahaan milik negara, swasta atau perorangan dalam menyimpan setiap dana yang dimiliki. Bank yang memiliki tugas sebagai penghimpun dan penyalur dana akan memperlancar perekonomian pada sektor riil.
Perbankan merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai financial intermediary (perantara keuangan) antara surplus unit (pihak yang memiliki kelebihan dana) dan defisit unit (pihak yang memiliki kekurangan dana, juga dapat bertugas sebagai lembaga yang memperlancar lalulintas pembayaran. Seperti halnya dengan perusahaan pada sektor lain, perbankan juga memiliki penilaian yang sama dalam kinerja perusahaan (performace). Kinerja perusahaan merupakan ukuran prestasi perusahaan yang diakibatkan dari proses manajemen yang kompleks, karena berkaitan dengan efektivitas pemanfaatan modal dan efisiensi pada setiap kegiatan perusahaan (Meriewaty, 2005).
Kinerja keuangan merupakan hasil yang dicapai oleh manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan, yaitu untuk meningkatkan keuntungan dan nilai perusahaan tersebut, berdasarkan hal ini maka laba dapat digunakan sebagai prestasi yang dicapai oleh perusahaan. Kinerja perusahaan dapat dipengaruhi oleh kesehatan perusahaan pada setiap kegiatan operasinal perusahaan. Menurut kegiatan operasionalnya kinerja perusahaan dapat dipengaruhi oleh asset, manajemen dan kondisi pasar. Semakin baik pengelolaan setiap asset yang dimiliki makan dapat meningkatkan peluang perusahaan dalam memperoleh keuntungan. Sesuai dengan peraturan dari Bank Indonesia No. 6/10/PBI/2004 tanggal 12 april 2004 yang berisi tentang panduan dalam menilai kesehatan bank berdasarkan analsis CAMELS yaitu sebagai kepanjangan dari Capital, Assets Quality, Management, Earning, Liquidity dan Sensitivity Market Risk.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *