Makalah Keterpaduan Keterampilan Berbahasa Dengan Fokus Menulis

           
Keterampilan berbahasa terdiri atas empat aspek keterampilan yaitu keterampilan menyimak, keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis (Haris dikutip oleh Tarigan, 2008: 11). Keempat aspek keterampilan tersebut saling berhubungan dan melengkapi.
Dalam proses komunikasi yang sesungguhnya jarang sekali setiap jenis keterampilan berbahasa digunakan secara terpisah dari keterampilan jenis lainnya. Ketika berbicara, kita pun mulai menyiapkan diri untuk mendengarkan tanggapan dari lawan bicara. Ketika menulis, tentu saja secara simultan kita melakukan aktivitas membaca, kemudian membaca ulang tulisan ini guna melakukan revisi. Jadi, dalam berkomunikasi, kita hampir selalu menggunakan berbagai jenis keterampilan berbahsa secara tumpang tindih atau secara terintegrasi (Celce-Murcia dan Olshtain, 2000:180).
Kemampuan menulis bukanlah kemampuan yang diperoleh secara otomatis. Seseorang yang telah mendapatkan pembelajaran menulis pun belum tentu memiliki kompetensi menulis

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *