Makalah Kepemimpinan Kyai Dalam Pondok Pesantren

           

Peningkatan kualitas dan profesionalisasi ustadz dan ustadzah dipondok pesantren faktor terbesar adalah dipengaruhi oleh seorang pemimpin yang disebut dengan kyai. Apabila seorang pemimpin itu baik maka bawahannya juga akan menjadi baik dan apabila seorang pemimpin tersebut kurang baik maka bawahannya akan kurang baik pula.
Gaya kepemimpinan merupakan suatu cara pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya dalam mencapai suatu tujuan. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin sangat mempengaruhi kondisi kerja, dimana akan berhubungan dengan bagaimana karyawan menerima suatu gaya kepemimpinan. Disatu sisi, gaya kepemimpinan tertentu dapat menyebabkan peningkatan kinerja, disisi lain dapat menyebabkan penurunan kinerja.
Gaya kepemimpinan, pada dasarnya mengandung pengertian sebagai sutau perwujudan tingkah laku dari seorang pemimpin yang menyangkut kemampuannya dalam memimpin. Perwujudan tersebut biasanya membentuk pola atau bentuk tertentu.
Kyai sebagai seorang pemimpin merupakan suri tauladan bagi bawahannya, geliat dan kesemangatan sebuah organisasi tercermin dari keteladanannya pemimpinnya artinya jika pemimpin bisa dijadikan contoh akan kedisiplinan, akan kewibawaan, akan perannya yang lebih besar maka mesin organisasi akan tergerak dengan sendirinya karena bawahan bercermin kepada semangat dan motivasi yang tinggi dari pemimpinnya, jika pemimpinnya kendor dan putus asa maka tidak menutup kemungkinan akan menjadikan bawahannya kendor.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *