Makalah Kemunduran Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Bani Abbasiyah

Makalah Kemunduran Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Bani Abbasiyah

Makalah Kemunduran Peradaban Islam Pada Masa Dinasti Bani Abbasiyah

Loading

           
Sejarah adalah kacamata masa lalu yang menjadi pijakan dan pedoman bagi setiap manusia di masa mendatang, dengan artian hal tersebut juga berlaku bagi kita yang harus mengerti dan paham tentang sejarah, terutama tentang Sejarah Peradaban Islam.
Dalam teori evolusi bahwa segala sesuatu pasti memiliki siklus yang selalu berputar, ada hidup dan ada mati seperti dunia yang selalu berputar terkadang diatas dan terkadang di bawah. Begitu juga dalam sejarah negeri-negeri dan kerajaan-kerajaan selalu berputar, ada masanya pembentukan dan pembangunan, masa keemasan dan pada akhirnya keruntuhan dan kehancuran.
Banyak kerajaan yang berdiri lalu jatuh dan hancur, seperti apa yang telah dialami oleh dinasti Bani Abbasiyah. Dinasti ini berlangsung kurang lebih selama 5 abad, yakni sekitar 524 tahun menurut hitungan kalender Hijriah atau 508 tahun menurut hitungan kalender Masehi. Dinasti Bani Abbasiyah yang merupakan dinasti kedua dalam sejarah perjalanannya menggantikan dinasti Bani Umayyah. Dalam sejarah perjalanannya mengalami fase-fase yang sama dengan dinasti Bani Umayyah, yakni fase kelahiran, perkembangan, kejayaan, kemudian memasuki masa-masa sulit dan akhirnya mundur dan jatuh .
Keruntuhan dinasti ini bukannya tanpa faktor. Ada beberapa yang menjadi penyebab dari runtuhnya dinasti ini, maka dari itu penulis ingin membahas bagaimana terjadinya keruntuhan dinasti Bani Abbasiyah, dan faktor apa saja yang menjadikan Bani Abbasiyah masuk kedalam kehancuran dan keruntuhan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *