Makalah Kelebihan Dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

           

Dunia pendidikan adalah dunia yang kompleks dan sangat luas cakupannya. Keberhasilan dunia pendidikan sangat menentukan masa depan bangsa. Salah satu bagian penting dari dunia pendidikan adalah proses pembelajaran.
Salah satu komponen yang tidak kalah penting, bahkan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Secara umum, media pembelajaran terbagi menjadi tiga bagian, yaitu media visual, media audio, dan media audio visual. Dan seiring perkembangan teknologi, saat ini dikenallah media yang memiliki fungsi gabungan dari ketiga media tersebut, dan dunia pendidikan mengenalnya dengan nama multimedia.
Sebagai seorang pendidik, guru sangat ditantang untuk mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat guna dan tepat sasaran, agar pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien
Setiap media memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, di mana hal tersebut harus bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kelebihan dari setiap media, harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Kekurangannyapun harus dapat diantisipasi dan ditanggulangi, agar kekurangan tersebut tidak menyebabkan terhambatnya proses pembelajaran.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *