Makalah Kecerdasan Musikal

           
Setiap peserta memiliki tingkat dan jenis karakteristik yang beragam, selain itu mereka juga memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Seorang guru yang professional, harus mampu mengakomodasi berbagai perbedaan tersebut sehingga proses belajar mengajar yang dilakukannya dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Ada delapan kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh Howard Gardner yang dituangkan dalam bukunya berjudul “Frames of Mind” (1983) telah merubah cara pandang kita dalam mempelajari kecerdasan manusia. Semula kecerdasan cenderung ditafsirkan secara tunggal, sebatas intelektual dalam ukuran IQ yang bersifat permanen. Diantara yang kedelapan itu ialah kecerdasan musikal. Musik adalah suatu karya seni dalam bentuk lagu atau komposisi musik, yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik: irama, melodi, harmoni, bentuk atau struktur lagu, dan ekspresi sebagai satu kesatuan.
Musik mempunyai peranan penting, selain dapat mengembangkan kreatifitas, musik juga dapat membantu perkembangan individu, mengembangkan sensitivitas, membangun rasa keindahan, mengungkapkan ekspresi, memberikan tantangan, melatih disiplin dan mengenalkan sejarah budaya bangsa.
Dalam sejarah kehidupan manusia, musik telah menjadi sarana untuk mewariskan ilmu pengetahuan dari setiap generasi. Sebelum ada buku untuk menyimpan informasi, orang zaman dahulu harus menyimpan semuanya dalam benak mereka. Dan untuk membantu mengingatnya, mereka menggunakan musik atau irama.
Adapun makalah ini hanya akan mengangkat permasalahan tentang Apa itu kecerdasan musikal, bagaimana ciri-ciri orang yang memilikinya, serta bagaimana cara mengembangkannya. Perlu bagi kita sebagai calon guru untuk mengetahuinya sehingga dalam proses belajar mengajar kita dapat memilih serta menerapkan metode yang tepat.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *