Makalah Kebijakan Fiskal Dan Belanja Negara Islami

           
Kebijakan fiskal merujuk pada kebijkan yang di buat oleh pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan (berupa pajak) pemerintah. Kebijkan fiskal berbeda dengan kebijakan moneter, yang bertujuan men-stabilkan perekonomian dengan cara mengontrol tingkat bungan dan jumlah uang yang beredar. Instrumen utama kebijakan fiskal adalah pengeluran dan pajak.
Selama ini kita mengenal tiga sistem perekonomian yang berlaku di dunia yaitu sistem kapitalis, sistem sosialis dan sistem campuran. Salah satu dari tiga sistem tersebut di terapkan di Indonesia yaitu sistem campuran, dimana sistem campuran adalah sebuah sistem perekonomian dengan adanya peran pemerintah yang ikut serta menentukan cara-cara mengatasi masalah ekonomi yang di hadapai masyarakat.
Dari berbagai sistem ekonomi yang ada, dengan kelebihan dan kekurangan yang di miliki, sistem ekonomi islam dianggap sebagai smart solution, karena secara etimologi maupun empiris, terbukti sistem ekonomi islam menjadi sistem ekonomi yang mampu memberikan kemakmuran dan kesejahteraan yang nyata dalam penerapannya pada saat zaman Rasulullah SAW dan pada masa khalifah. Karena sistem ekonomi islam adalah sistem ekonomi yang berdasarkan pada nilai keadilan dan kejujuran yang merupakan refleksi dari hubungan vertikal antara manusia dengan Allah SWT.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *