Makalah Jurus Sang Guru

           
Tugas guru merujuk pada pekerjaan profesional, antara lain mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, menginspirasi, dan mengevaluasi perkembangan dan kemampuan peserta didik, dimana ia melakukan tugas profesinya di ruang-ruang kelas sekolah maupun di luar sekolah.
Mengajar bukanlah pekerjaan yang sulit tetapi juga tidak sesederhana apa yang kita lakukan. Persis ketika kita belajar, kita tentu akan mengajar dengan pola atau model yang sama ketika kita belajar di kelas. Seringnya guru mengajar dengan monoton, tanpa variasi ataupun metode yang berbeda setiap membawakan materi di kelas. Akibatnya siswa kehilangan minat untuk belajar, yang jika dibiarkan terus menerus siswa akan benci dan apatis dalam belajar.
Layaknya seni, mengajar juga harus punya strategi yang cantik supaya prosesnya bisa dipahami serta cocok untuk kondisi siswa. Terkadang, guru kurang memiliki informasi memadai atau bahan bacaan guna mengembangkan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Sehingga yang terjadi setiap mengajar di depan kelas selalu metode yang sama seperti biasa tiada kreasi, percobaan ataupun penggunaan gaya lain yang bervariasi. Selain sudah disibukkan dengan urusan administrasi sekolah, guru juga mengeluh mengenai kurangnya bahan informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk mengajar dengan asyik dan menyenangkan.
Di tangan seorang Guru andal, ia memungkinkan terjadinya kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan bermakna. Guru sejati mengajar dengan Hati. Ia tentu harus menguasai beberapa metode pembelajaran. Ia juga harus memiliki jurus jitu dalam merancang rencana pembelajaran, membaca situasi kelas, lalu mengaplikasikan metode yang sesuai dalam memenuhi tujuan pembelajaran. Jadi, semua itu akan dibahas di dalam makalah ini.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *