Makalah Jenis-Jenis Tulisan

           
Menulis atau mengarang pada hakikatnya adalah menuangkan gagasan, pendapat gagasan, persaan keinginan, dan kemauan, serta informasi ke dalam tulisan dan mengirimkannya kepada orang lain (Syafie’ie, 1988:78). Sebagai bagian dari kegiatan berbahasa, menulis berkaitan erat dengan aktifitas berpikir. Keduanya saling melengkapi. Melaui kegiatan berpikir, penulis dapat meningkatkan kemampuannya dalam menulis.
Mengemukakan gagasan secara tertulis memang tidak mudah. Untuk menghasilkan tulisan yang baik, setiap penulis hendaknya memiliki tiga ketrampilan dasar dalam menulis, yaitu ketrampilan berbahasa, ketrampilan penyajian, dan ketrampilan pewajahan. Penulis harus harus menguasai bahasa yang digunakan untuk menulis. Jika dia menulis dalam bahasa Indonesia, dia harus menguasai bahas Indonesia. Menguasai bahasa Indonesia berarti mengetahui dan dapat menggunakan kaidah-kaidah tata bahasa Indonesia, serta mengetahui dan dapat menggunakan kosakata bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Berangkat pada pendapat di atas, menulis bukan hanya sekedar menuliskan apa yang diucapkan, tetapi merupakan suatu kegiatan yang terorganisasi sedemikian rupa, sehingga terjadi suatu kegiatan komunikasitidak langsung antara penulis dan pembaca. Tugas seorang penulis tidak hanya memilih topik pembicaraan yang sesuai atau serasi, tetapi juga harus menentukan tujuan yang jelas. Penentuan tujuan menulis sangat erat hubungannya dengan bentuk atau jenis-jenis tulisan. Penulis harus mengetahui tulisan yang ditulisnya termasuk dalam bentuk tulisan apa, dan harus mengetahui tujuan dari tulisannya tersebut. Pada kesempatan ini, penulis makalah mencoba memaparkan dan menjelaskan bentuk-bentuk tulisan menurut beberapa ahli bahasa

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *