Makalah Islam Masuk Ke Jawa

           
Jawa merupakan wilayah Indonesia yang paling padat. Dari sekian banyaknya penduduk Jawa hampir seluruhnya adalah umat Islam, baik yang benar-benar Islam maupun yang hanya sekedar “Islam KTP”. Kebesaran Islam yang kini nikmat dirasakan oleh umatnya di Jawa ini tentunya tak lepas dari sejarah masuknya Islam ke Pulau ini.
Sebelum Islam masuk, Jawa adalah wilayah yang dikuasai oleh kepercayaan Animisme dan dinamisme serta pengaruh dari budaya Buddhisme dan Hinduisme. Bagaimanapun pengaruh itu cukup sulit diganti dengan ajaran-ajaran selainnya, tak terkecuali ajaran Islam. Pengaruh itu diperkuat lagi keagungan politik Kerajaan- Kerajaan Hindu- Budha. Kesimpulan ini berdasarkan fakta bahwa pengaruh Islam yang sudah mulai masuk ke Jawa pada abad ke-7 M baru terlihat nyata pada sekitar abad ke-15 M. Hampir sekitar delapan abad Islam di Jawa hanya terbatas dipeluk oleh golongan kecil-kecil di sekitar pesisir utara Jawa.
Sejak zaman prasejarah penduduk kepulauan Indonesia dikenal sebagai pelayar-pelayar handal yang sanggup mengarungi lautan lepas. Sejak awal abad Masehi sudah ada rute-rute pelayaran dan perdagangan antar kepulauan Indonesia dengan daerah di daratan Asia tenggara. Wilayah barat Nusantara dan sekitar Malaka sejak masa kuno merupakan wilayah yang menjadi titik perhatian, terutama karena hasil yang dijual disana menarik para pedagang dan menjadi lintasan penting antara Cina dan India.
Masuknya Islam ke daerah-daerah di Indonesia tidak dalam waktu bersamaan. Pada abad ke-7 sampai ke-10 M. Kerajaan Sriwijaya meluaskan kekuasaannya sampai ke Malaka dan Kedah. Pada abad ke-11 Islam sudah masuk di pulau Jawa. Sejak masuk di Jawa, Islam bertemu dengan nilai-nilai Hindu-Budha yang sudah mengakar kuat di masyarakat. Tentu saja nilai-nilai Hindu-Budha juga sebelumnya telah mengakomodasi religi animisme dan dinamisme sebagai nilai-nilai awal yang telah ada. Lalu bagaimana Islam masuk ke Jawa, bagaimana penyebaran Islam di Jawa dan siapa saja yang berperan dalam penyebaran Islam di Jawa akan dibahas dalam pembahasan di makalah ini.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *