Makalah Hukum Korporasi (Persekutuan Perdata)

           
Menurut pandangan klasik, Burgerlijke Maatschap atau lebih popolar disebut maatschap merupakan bentuk genus (umum) dari Persekutuan Firma (Vof) dan Persekutuan Komanditer (CV). Bahkan menurut pandangan klasik, Maatschap tersebut mulanya merupakan bentuk genus pula dari Perseroan Terbatas (PT). Hanya saja, karena saat ini tentang PT sudah jauh berkembang, maka ada pendapat yang mengatakan PT bukan lagi termasuk spesies (khusus) dari Maatschaap .
Dalam pasal 15 KUHD, yang menyatakan bahwa persekutuan-persekutuan yang disebut dalam Buku I, Bab III, Bagian I KUHD diatur oleh perjanjian-perjanjian antara para pihak dan oleh KUH Perdata. Sebenarnya, apa yang diatur dalam pasal 15 KUHD sejalan dengan apa yang diatur dalam pasal I KUHD. Sebab KUHD itu sendiri merupakan spesies dari KUHPerdata yang merupakan genus-nya.
H. Van der Tas, dalam Kamus Hukum menterjemahkan Maatschap sebagai perseroan, perserikatan, persekutuan. Fockema Andreae, menerjemahkannya sebagai perseroan, perseroan perdata. R. Subekti dalam terjemahan BW menyebut istilah Maatschap sebagai persekutuan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.