Makalah Hakikat Pengetahuan

Loading

           
Lahir, tumbuh, dan kokohnya ilmu menimbulkan persoalan-persoalan yang berada di luar minat, kesepakatan, atau jangkauan dari ilmuan sendiri untuk menyelesaikannya. Namun, ada sebagian cendikiawan yang berusaha menemukan penyelesaian untuk masalah tersebut yang mana cendikiawan ini di sebut sebagai filsuf (philsophers).
Filsafat adalah hasil pemikiran dan renungan secara mendalam tentang sesuatu sampai keakar-akarnya. Sesuatu disini bisa berarti terbatas dan dapat pula berarti tidak terbatas. Bila berarti terbatas, filsafat membatasi diri akan hal tertentu saja. Bila berarti tidak terbatas filsafat membahas sesuatu yang ada di alam ini yang sering dikatakan filsafat umum. Sementar itu filsafat yang terbatas adalah filsafat ilmu, filsafat pendidikan, filsafat seni, dan lain-lainnya.
Filsafat menurut para ahli secara umum adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga di artikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dewasa dalam pemikiran sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyuluruh dengan segala hubungan. Filsafat tidak dialami dengan melakukan eksperimen dan percobaan tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, sarta memberi argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi itu. Seiring dengan bermunculnya filsuf, definisi mengenai filsafat ilmu juga beragam, sehingga saat ini terdapat beberapa perbedaan dalam mendefinisikan filsafat ilmu.
Filsafat ilmu berusaha untuk dapat menjelaskan masalah-masalah seperti apa dan bagaimana suatu konsep dan pernyataan dapat di sebut sebagai ilmiah, bagaimana konsep tersebut di lahirkan, bagaimana ilmu dapat menjelaskan, memperkirakan serta memanfaatkan alam memalui teknologi, bagi seseorang yang mempelajari filsafat ilmu diperlukan pengetahuan dasar yang memadai tentang ilmu, baik ilmu alam maupun ilmu sosial, supaya para ilmuan memiliki landasan berpijak yang kuat, sehingga antara ilmu yang satu antara lainnya saling menyapa bahkan memungkinkan terjalinnya kerja sama yang harmonis memecahkan persoalan-persoalan manusia.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *