Makalah Hakikat Etika Profesi

           
Pendidikan dapat dipandang sebagai suatu proses pemberdayaan dan pembudayaan individu agar mampu memenuhi kebutuhan perkembangan dan memenuhi tuntutan social, kultural, serta religius dalam lingkungan kehidupannya. Dan istilah profesi sudah tidak asing lagi bagi kita Karen aistilah itu sudah sering kita dengar melalui televisi, radio, surat bakar, bahkan melalui percakapan orang dalam kehiduoan sehari-hari.
Profesi di dalam dunia pendidikan dikenal dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Erat berkaitan dengan etika profesi kepemimpinan ialah etiket yang harus ditetapkan oleh pemimpin. Etiket ialah aturan-aturan konfensional mengenai tingkah laku individu dalam masyarakat beradab merupakan tata cara formal atau tata karma lahiriah untuk mengatur relasi antar pribadi, sesuai dengan status social masing-masing individu.
Dalam menjalankan suatu profesi , etika mempunyai peran yang penting untuk mengarahkan seseorang dalam berprilaku. Karakteristik yang tetapkan dalam suatu profesi melatih diri kita dalam menghadapi dunia bisnis yang mempunyai hambatan tersendiri. Suatu pekerjaan atau lebih tepatnya profesi tidak bisa lepas dari etika, karena etika mengatur sedemikian rupa agar berlaku dengan hati nurani, bertanggung jawab dan penuh dedikasi terhadap bidang yang lainnya.
Dan dalam tulisan ini akan kami bahas mengenai syarat-syarat, peranan, tujuan dan ruang lingkup etika profesi.

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *