Makalah Hakekat Metodelogi Penelitian

Loading

           
Perkembangan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia kini semakin pesat. Faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan khususnya ilmu pengetahuan antara lain dengan adanya temuan-temuan baru dibidang ilmu pengetahuan. Temuan-temuan tersebut dihasilkan dari proses yang membutuhkan waktu lama dan cara tertentu. Dimana proses tersebut diawali dengan munculnya sebuah masalah yang kemudian diselidiki lebih lanjut untuk menemukan pemecahan dari masalah tersebut. Kegiatan yang demikian sering disebut “Penelitian”.
Manusia sebagai makhluk rasional sebenarnya sudah dibekali dengan hasrat ingin tahu. Keingintahuan manusia ini sudah dapat disaksikan sejak seseorang masih kanak-kanak dan akan terus berkembang secara dinamis mengikuti fase-fase perkembangan kejiwaan orang tersebut. Hasrat ingin tahu manusia akan terpuaskan bila ia sudah memperoleh pengetahuan mengenai apa yang dipertanyakannya. Tetapi sudah menjadi sifat manusia, yang mana setelah memperoleh pengetahuan mengenai suatu masalah, maka akan disusul oleh kecenderungan ingin lebih tahu lagi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manusia tidak akan pernah mencapai kepuasan mutlak untuk menerima realita untuk dihadapinya sebagai titik terminasi yang mantap. Untuk mendukung dan menyalurkan keiingintahuannya, maka manusia akan cenderung mengadakan penelitian (Narbuko dan Achmadi, 2001: 4).
Penelitian dilakukan untuk memecahkan suatu masalah atau untuk menguji suatu kebenaran. Didalam bidang ilmu pendidikan banyak dilakukan penelitian-penelitian dimana hasil penelitian tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari bahkan bagi berkembangnya ilmu pendidikan tersebut. Penelitian tidak hanya dilakukan pada bidang ilmu pendidikan saja, namun penelitian juga dilakukan pada biang ilmu-ilmu lainnya seperti, kesehatan, teknik, ekonomi dan masih banyak yang lainnya.
Sebagai mahasiswa kita dituntut untuk mengetahui dan memahami serta menerapkan cara dan metode penelitian yang baik dan benar. Oleh sebab itu, mahasiswa diberikan mata kuliah wajib yang membahas tentang metode penelitian. Namun sebelumnya, mahasiswa harus mengetahui tentang hakikat penelitian. Hakikat penelitian adalah makna dasar dari penelitian. Dilatar belakangi hal tersebut maka disusunlah makalah ini dengan topik pembahasan tentang “ Hakikat Penelitian dan Penelitian Kuantitatif” dengan rumusan masalah seperti yang tertera di bawah ini.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *