Makalah Hadits Dan Sunnah

Loading

           
Hadist merupakan salah satu dasar pengambilan hokum islam setelah Al-Qur’an. Sebab hadist mempunyai posisi sebagai penjelas terhadap makna yang di kandung oleh teks suci tersebut. Apalagi banyak terdapat ayat-ayat yang masih globlal dan tidak jelas maknanya dan seringkali seorang mufassir memakai hadist untuk mempermudah pemahamannya.
Seiring perkembangannya Ulumul Hadist, maka terdapat beberapa kalangan yang serius sebagai pemerhati hadist. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mengklasifikasikan hadist dari aspek kualitas hadist baik ditinjau dari segi Matan hadist dan Sanad hadist. Sehingga dapat ditemukan hadist-hadist yang layak sebagai hujjah dan hadist yang tidak layak sebagai hujjah.
Posisi hadist sebagai sumber hokum tidak lain karena adanya kesucian antara Hadist dengan Al-Qur’an yang diwahyukan kepadaNabi Muhammad SAW. Bisa juga di katakan bahwa hadist merupakan wahyu Tuhan yang tidak dikodifikasikan dalam bentuk kitab, sebab lebih banyak hasil dari proses berpikirnya Nabi dan hasil karya Nabi.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *