Makalah Fisafat Patristik Timur dan  Patrtistik Barat

           

Filsafat lahir karena perdebatan akal dengan hati tentang segala sesuatudidalam alam semesta tentang asal muasal segala sesuatu yang ada didunia.Bahkan filsafat menanyakan akan asal muasal manusia. Filsafat muncul dan berkembang sejak berabad-abad lalu. Perkembangan filsafat tidak hanya dalam satu wilayah, melainkan meluas sampai keseluruh negeri dengan masa kejayaanyang berbeda-beda. Para filsuf muncul dengan pemikiranya tentang asal muasal segala sesuatu yang ada didunia ini.
Dua filsafat yang berkembang pesat dan bertolak belakang yaitu filsafat barat dan filsafat timur. Keduanya memiliki waktu tertentu dalam mencapaimasa keemasanya, sehingga mempengaruhi pemikiran- barat maupun timur sesuai dengan periodesasinya. Sehingga, antarafilsafat Barat dan Timur terdapat perbedaan yang mencolok. Dan penting untuk para penikmat filsafat dalam menelaah lebih dalam lagi akan konsep-konsepyang diterima sebelum akhirnya dijadikan landasan dalam berfikir.pemikiran yang berkembang pada masa itu sampai pada masa sekarang. Ada beberapa tokoh penting yang turut menyumbang pemikirannya dalam mendominasi konsepfilsafat
Pemikiran Timur sering dianggap sebagai pemikiran yang tidak rasional,tidaksistematis, dan tidak kritis.ini yang menyebabkan pemikiran timur dianggap bukanfilsafat. Sifat-sifat pengetahuan yang secara konvensional dipandang hars ada dalam filsafat, sering kali dinilai tidak terkandung dalam pemikiran Timur. Pemikiran- pemikiran tersebut lebih dianggap sebagai agama ketimbang filsafat. Memang banyakdari para penganutnya yang memperlakukan pemikiran timur sebagai agama, sehingga cukup bukti bahwa apa yang sering disebut sebagai filsafat timur adalah kepercayaan religius atau agama. Jika pemikiran timur dianggap sebagai agama, maka pemikiran itu tidak dapatdisebut filsafat, mengingat keduanya memiliki sifat-sifat yang bertolak belakang.

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *