Makalah Faktor Kebahasaan dan Non Kebahasaan

        Faktor Kebahasaan dan Non Kebahasaan   
A. Latar Belakang
Suatu lembaga merupakan proses melaksanakan untuk pembelajaran yang menanamkan kemampuannya melalui berbagai bentuk pengetahuan yang diperoleh dalam proses pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar secara sederhana, dapat dipahami sebagai suatu interaksi yang saling mempengaruhi satu sama lain antara pendidik dan peserta didik. .pendidikan tidak akan pernah terpisahkan dengan proses belajar mengajar,salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa yaitu berbicara ,dalam aspek berbicara keberanian,sikap, kelancaran berbicara dan penguasaan topik termasuk kedalam faktor non kebahasaan.selain itu ketepatan ucapan,intonasi,pilihan kata dan ketepatan sasaran pembicaraan yang digunakan dalam menyampaikan gagasan didepan umum juga termasuk kedalam faktor kebahasaan dalam berbicara.rasa percaya diri yang rendah pasti akan menjadi penghalang dan akan menimbulkan berbagai hambatan dalam berbicara baik dari faktor kebahasaan dan nonkebahasaan kekurangannya yang dapat dilihat pada saat murid berbicara meliputi,murid belum mampu mengungkapkan ide-ide yang dimiliki secara lisan,banyak sekali ditemukan ketidak tepatan dalam memilih kata,sehingga murid masih memerlukan waktu berbicara dan masih terlihat terbata-bata saat berbicara.hal ini dikarenakan kurangnya efektivitas berbicara pada setiap murid,dan efektivitas berbicara bergantung pada faktor kebahasaan dan nonkebahasaan.
Kegiatan berbicara bukanlah suatu hal yang mudah dan tidak timbul dengan sendirinya,berbicara bertujuan untuk berkomunikasi artinya ketika memberikan informasi kepeda pendengar harus memiliki pemahaman yang baik tentang topik yang sedang dibicarakan sehingga dapat mengembangkan keberanian dan kefasihan dalam berbicara.
Bahasa merupakan bentuk komunikasi yang digunakan umtuk berinteraksi, yang bersifat kesepakatan bersama. Bahasa digunakan oleh masyarakat, untuk berinteraksi satu sama lain. Faktor kebahasaan yang menunjang dalam berbicara, meliputi A} ketepatan ucapan.B}intonasi C}pilihan kata /diksi. Sedangkan faktor non kebahasaan meliputi : sikap yang wajar, tenang dan tidak kaku, bersedia menghargai pendapat orang lain, relevansi, serta penguasaan topic.
B. RumusanMasalah
Perumusan masalah dari makalah yang berjudul “Faktor kebahasaan Dan Non Kebahasaan” adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana Penggunaan Bahasa Dalam Berbicara?
2. Bagaimana Faktor Kebahasaan Dalam menunjang berbicara?
3. Bagaimana Faktor Non Kebahasaan Dalam menunjang berbicara?
C. Tujuan Masalah
1. Untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa dalam berbicara.
2. Untuk mendeskripsikan faktor kebahasaan dalam menunjang berbicara.
3. Untuk mendeskripsikan faktor non kebahasaan dalam menunjang berbicara.

.

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *