Makalah Etika Profesi Dalam Islam

           
Sebagian besar manusia menggunakan etika-etika serta norma-norma dalam kehidupan sehari-hari. Etika harus digunakan dimanapun dan kapanpun. Karena dengan etikalah manusia bisa menentukan benar atau salahnya perbuatan. Oleh karena itu, setiap manusia harus memahami arti penting dari etika.
Etika tidak membahas keadaan manusia melainkan membahasa bagaimana seharusnya manusia melakukan perbuatan yang baik dan benar. Etika tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Dalam kehidupan masyarakat yang sederhana sekalipun, selalu ada serangkain nilai-nilai etika yang ditempatkan sebagai acuan untuk menentukan baik atau buruknya suatu perbuatan.
Di kehidupan yang semakin modern ini sedikit demi sedikit etika mulai ditinggalkan. Fakta dilapangan menunjukkan pemuda-pemuda mulai meninggalkan etika yang diwariskan leluhur bangsa Indonesia. Tak hanya itu, para penggerak roda pemerintahan juga kurang memahami pentingnya etika. Mereka mulai mengacuhkan penggunaan etika yang baik dan benar. Tak hanya bertugas untuk menjalankan pemerintahan namun seharusnya mereka memberi contoh perilaku yang baik untuk masyarakat. Banyak berita negatif yang ditimbulkan dari perilaku pejabat-pejabat negara seperti korupsi, kolusi, nepotisme ataupun kasus pelecehan seksual. Sesungguhnya masih banyak kasus seperti ini yang masih belum terungkap. Dan yang semakin memperburuk keadaan adalah perilaku seperti ini dilakukan dari pejabat yang paling tinggi hingga tingkat yang paling rendah.
Berdasarkan penjelasan diatas maka penulis akan membahas bagaimana etika yang baik dan benar, khususnya etika dalam berprofesi.

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *