Makalah Etika Bisnis Dalam Pasar Islami

           
karena fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan. Manusia dalam kesehariannya membutuhkan makan dan juga kebutuhan lain. Dalam hal ini, tidak semua manusia bisa bertemu dengan orang yang berbeda kebutuhannya dan membutuhkannya. Karena perbedaan cara memperoleh kebutuhan itulah, manusia sulit untuk mencari barang yang mereka butuhkan. Hingga berjalannya waktu, manusia menemukan lokasi yang tepat untuk menukarkan barang kebutuhan mereka, yang dinamakan dengan pasar.
Pasar (السوق) merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam Islam, cara manusia bertransaksi diatur dalam syariat, yaitu cara penjual memperdagangkan barangnya dan cara pembeli mendapatkannya. Di pasar, antara penjual dan pembeli terjadi transaksi tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang sepakat. Antara penjual satu dengan penjual lainnya, dalam menawarkan harga jualnya berbeda-beda, ini karena mereka melihat kondisi pasar dan juga pelanggannya. Proses penentuan kesepakatan harga yang dipengaruhi permintaan dan penawaran (kondisi pasar) inilah yang disebut dengan Mekanisme Pasar.
Proses inilah yang dalam Islam dikaji lebih mendalam demi untuk kemaslahatan umat. Di dalam mekanisme pasar, terjadi selisih harga jual antara pedagang. Selain itu, di pasar banyak terjadi pedagang-pedagang nakal dengan curang mengurangi timbangan atau dengan memanis-maniskan barang dagangannya demi untuk menarik perhatian pembeli. Selain itu, jika akan memasuki hari-hari besar, tiba-tiba harga bahan pokok melonjak begitu tinggi, sampai-sampai seperti banyak kabar yang tidak jelas mengenai harga di pasar. Entah disebabkan oleh kelangkaan alami atau hanya sekedar motif mencari untung besar-besaran (ikhtikar). Hal ini sudah tidak asing lagi bagi semua lapisan masyarakat, ketika terjadi kelangkaan bahan makanan, seperti cabai merah misalnya, apakah benar jika hanya karena menjelang bulan ramadhan stoknya habis dan akhirnya harganya melonjak tinggi?
Masalah-masalah di pasar begitu kompleks. Dengan berdasar alasan-alasan diatas, penulis mengambil judul “Prinsip Dasar Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam” adalah untuk membahas bagaimana konsep Islam dalam menanggapi sekian banyak permasalahan di Pasar, sehingga perlu dikaji lebih dalam untuk memperoleh fakta mengenai mekanisme pasar. Dengan demikian, akan terjawab bagaimana cara menanggapi keadaan pasar melalui pendekatan Maqoshid Syariah

 
 

 

Download Word. .Download PDF

Download Word. .Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *