Makalah Ekonomi Internasional

Loading

           
Pemikiran-pemikiran para ahli ekonomi pada suatu waktu diterima. Akan tetapi, kalau dianggap tidak mampu memecahkan masalah sosial dan ekonomi yang dihadapi, pemikiran-pemikiran tersebut perlu diperbaiki, dikembangkan, atau dirombak seluruhnya. Pengalaman sejarah memperlihatkan sudah banyak terjadi perubahan-perubahan dalam pemikiran-pemikiran ekonomi. Perubahan dalam dasar-dasar pandang ekonomi bisa berlangsung smooth dan kerapkali bisa berlangsung secara revolusi melalui suatu perubahan yang radikal. Kenyataan telah menunjukkan bahwa pada tahun-tahun terakhir memasuki era abad ke-XXI ini banyak terjadi perubahan-perubahan tidak terduga dan kadang-kadang sangat mengejutkan.
Pengalaman sejarah menunjukkan bahwa perubahan-perubahan, terutama yang bersifat radikal, sering menimbulkan suasana yang tidak menentu dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Dalam keadaan tidak menentu tersebut orang sering mempermasalahkan pendekatan ekonomi yang digunakan atau dijadikan sebagai dasar kebijaksanaan pembangunan. Hal seperti ini tentunya tidak dikehendaki.
Menunjuk pada salah satu masa yang sangat dikenal sampai saat ini adalah masa klasik, yang pokok pemikirannya berawal dari pemikiran Adam Smith, dan kemudian dikembangkan oleh tokoh-tokoh setelahnya yang mendukung pemikirannya. Salah satu tokoh ekonomi terkenal yang mendukung pemikiran dan mengembangkan pemikiran Adam Smith adalah David Ricardo (1772 – 1823). David Ricardo banyak berperan dalam mengembangkan teori-teori yang dimunculkan oleh Adam Smith sehingga dapat melahirkan beberapa teori baru yang sangat terkenal pada saat itu. Pernyataan ini diperkuat melalui buku karangannya yaitu The Principles of Political Economy and Taxation (1817) ternyata mendominasi teori-teori ekonomi klasik tidak kurang setengah abad lamanya. Beberapa teori tersebut antara lain adalah teori sewa tanah (land rent) ; teori nilai kerja (labor theory of value) ; teori upah alami (natural wages) ; teori uang ; dan yang paling terkenal adalah teori keunggulan komparatif (comparative advantage) dari perdagangan internasional.
Sesuai dengan judul paper yang diangkat penulis, maka dari beberapa teori yang dikemukakan oleh David Ricardo maka penulis secara khusus hanya membahas tentang teori keuntungan komparatif.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *