Makalah Definisi I’jazul Qur’an Dan Bentuk Bentuknya

           
Kitab suci Al-Qur’an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi sumber ajaran islam yang pertama dan utama yang harus kita imani serta aplikasikan dalam kehidupan agar memperoleh kebaikan di dunia maupun di akhirat. Selain itu Al-Qur’an adalah mukjizat abadi yang membuktikan kebenaran risalah Nabi Muhammad SAW, dimana hukumnya berlaku sepanjang masa, karena tidak akan ada satu manusia pun yang mampu membuat satu kitab tandingan atau sama dengan Al-Qur’an.
Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat beberapa kajian tentang ilmu Al-Qur’an salah satu diantaranya yaitu I’jazul Qur’an. I’jazul Qur’an adalah bagian dari ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang menyangkut kemukjizatan Al-Qur’an. Keistimewaan Al-Qur’an inilah yang menjadi daya tarik sendiri dari juz, surat, ayat, kalimat, bahkan apa yang ada dalam huruf per huruf di Al-Qur’an itu merupakan anugerah dari Allah SWT.
Kemukjizatan Al-Qur’an adalah sesuatu yang hanya diberikan Allah Nabi Muhammad SAW sebagai kekasih-Nya. Kemukjizatan yang tidak di berikan Allah kepada siapapun baik sebelum maupun sesudah Nabi Muhammad SAW. Inilah yang merupakan keistimewaan tersendiri dari Al-Qur’an sekaligus sebagai mukjizat rahmatan lil’alamin. Setelah selesainya makalah ini diharapkan kita memahaminya kemukjizatan Al-Qur’an sehingga dapat lebih mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam setiap segi kehidupan.

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.