Makalah Cara-Cara Membentuk Kerangka Pemikiran (Paradigma) Dan Menyusun Formulasi Hipotesis Tindakan

           
Indonesia sudah lama merdeka, tetapi belum memiliki kualitas sumber daya manusia yang memadai. Hal ini antara lain disebabkan oleh karena kualitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan dari berbagai jalur, jenjang dan jenis pendidikan belum memadai. Rendahnya kualitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan disebabkan oleh karena pembuatan kebijakan, pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang akan digunakan, pengadaan dan penembangan tnaga pendidikan , system penggajian, system evaluasi, dan pengadaan sarana dan prasarana tidak didasarkan dari hasil penenlitian yang memadai.
Berdasarkan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan pada generasi yang tinggi maka setiap upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan perlu dilakukan melalui penelitian. Penelitian dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Supaya penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat.
Metode penelitian secara umum dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu metode kuantitaif dan kualitatif dan metode R&D (research and development). Metode kuantitiatif dan kualitatif sering dipasangkan dengan nama metode yang tradisional, dan metode baru; metode positivistic dan metode postpositivistik; metode scientific dan metode artistic, metode konfirmasi dan temuan; serta kuantitatif dan interpretif.
Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi tau sample tertentu, teknik pengambilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Salah satu penelitian yang menggunakan metode kuantitaif yaitu Penelitian Tindakan Kelas ( PTK).
Di bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran dikelas. Jadi dapat diartikan PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah actual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru memiliki peran ganda, yaitu sebagai paktisi dan peneliti.
Berdasarkan uraian singkat diatas, maka dalam makalah ini akan membahas tentang kerangka berpikir / paradigma dalam Penelitian Tindakan Kelas dan Hipotesis Tindakan dalam Penelitian Tindakan Kelas

 
 

 

Download Word

Download PDF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *