Makalah Berpikir Dan Problem Solving

           
Dalam perjalanan hidupnya, manusia sering menghadapi berbagai permasalahan yang perlu dipecahkan. Berpikir memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu yang baru adalah kegiatan yang kompleks dan berhubungan erat satu dengan yang lain. Suatu masalah umumnya tidak dapat dipecahkan tanpa berpikir, dan banyak masalah memerlukan pemecahan yang baru bagi orang-orang atau kelompok.
Fungsi berfikir adalah untuk pemecahan masalah / persoalan (problem solving). Umumnya kita bergerak sesuai dengan kebiasaan. Namun ketika kita menghadapi situasi yang tidak dapat dihadapi dengan cara biasa, di situlah timbul masalah. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengatasi masalah itu.
Ketika kita memiliki masalah, seringkali kita menginginkan masalah itu cepat hilang dengan cara apapun tanpa memikirkannya terlebih dahulu, sehingga hasil dari pemecahan masalah yang ditemukan secara singkat itu, tidak memuaskan bagi kita,atau bahkan menimbulkan masalah yang baru.
Di dalam makalah ini, penulis membahas tentang pengertian berpikir, karena dengan berpikir, manusia dapat menyelesaikan segala masalahnya. Selain pengertian dari berpikir, dijelaskan juga proses berpikir, sebab dengan mengetahui proses berpikir, kita tidak hanya dapat menyelesaikan masalah, bahkan kita juga dapat menemukan penemuan baru.
Setelah penjelasan tentang berpikir dalam makalah ini, dijelaskan juga tentang problem solving (pemecahan masalah), prinsip-prinsipnya, dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam proses problem solving. Semua penjelasan/ pembahasan ini, bertujuan agar kita dapat secara sistematis dalam pemecahan masalah, tidak terburu-buru, sehingga hasil dari pemecahan masalah yang ditemukan itu memuaskan atau sesuai dengan yang diinginkan

 
 

 

Download Word

Download PDF

 
Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *