Makalah Asosiasi Profesi Guru

Makalah Asosiasi Profesi Guru

Makalah Asosiasi Profesi Guru

Loading

          Asosiasi Profesi Guru
A. Latar Belakang
Organisasi profesi keguruan merupakan salah satu bab penting yang harus dipahami oleh mereka yang berkecimpung di dunia keguruan atau bagi mahasiswa fakultas keguruan. Di dalam membahas materi organisasi asosiasi profesi keguruan ini dipaparkan penjelasan tentang eksistensi, misi, fungsi, dan peranan organisasi profesi guru, serta bentuk, corak, struktur, kedudukan dan keanggotaan organisasi profesi guru.
Salah satu ciri profesi adalah adanya kontrol yang ketat atas para anggotanya. Suatu profesi ada dan diakui masyarakat karena ada usaha dari para anggotanya untuk menghimpun diri. Melalui organisasi tersebut, profesi dilindungi dari kemungkinan penyalahgunaan yang dapat membahayakan keutuhan dan kewibawaan profesi tersebut. Kode etik pun disusun dan disepakati oleh para anggotanya.
Maka suatu organisasi profesi menyerupai suatu sistem yang senantiasa mempertahankan keadaan yang harmonis. Ia akan menolak keluar komponen sistem yang tidak mengikuti arus atau meluruskannya. Dalam praktik keorganisasian, anggota yang mencoba melanggar atau main organisasi akan diperingatkan, bahkan dipecat. Jadi dalam suatu organisasi profesi ada aturan yang jelas dan sanksi yang tegas bagi pelanggar aturan.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengertian organisasi profesi keguruan?
2. Bagaimana fungsi organisasi profesi keguruan?
3. Apa saja jenis-jenis organisasi profesi keguruan?

Download Word

Author: Zukét

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *