Makalah Administrasi Kelas Dan Peserta Didik

           
Seiring dengan berkembangnya zaman, kalangan pendidik terus berpikir dan mengembangkan bagaimana caranya agar tercipta proses pembelajaran yang efektif, efisien dan kondusif sehingga para peserta didik merasa nyaman dalam proses pembelajaran.
Permasalahan yang sering timbul dalam proses pembelajaran di kelas, diantaranya kondisi yang kurang kondusif dalam proses pembelajaran, banyak siswa yang kurang komunikatif yang mungkin salah satunya juga dikarenakan tenaga pengajar yang kurang mempersiapkan materi yang akan diajarkan dengan matang, serta fasilitas sekolah yang kurang tertata dengan baik, dan lain-lain.
Hal-hal tersebut di atas, sangat berkaitan erat dengan pengelolaan administrasi kelas dalam pembelajaran. Seperti kegiatan mengurus, mengatur, maupun mengelola lingkungan kelas dalam pembelajaran, agar tercipta suasana yang lebih nyaman bagi peserta didik dalam pembelajaran dan hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran pun maksimal serta terciptanya keteraturan dalam susunan dan pengaturan dinamikanya. Dimana administrasi kelas (pengelolaan kelas) dalam hal ini erat kaitannya dengan upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Maka dari itu, sebagai calon tenaga pendidik yang baik, hendaknya mengetahui dan menguasai tentang administrasi (pengelolaan) kelas dalam pembelajaran.
Administrasi peserta didik adalah seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahkan secara sengaja serta bimbingan secara kontiniu terhadap seluruh peserta didik dalam lembaga pendidikan yang bersanggkutan agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secra efektif dan efesien. Bahkan dapat dinyatakan pula menurut (Suranta, 2017) bahwa administrasi adalah upaya mencapai tujuan secara efektif dan dengan memanfaatkan orang-orang dalam suatu pola kerja sama. Sedangkan pendidikan menurut UUDPN 1989 adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegaitan bimbingan pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Sebagai anggota masyarakat sekolah, siswa mempunyai hak yaitu untuk memperoleh pelajaran, mengunakan fasilitas serta memperoleh bimbingan dari sekolah. Selain itu siswa juga menaati segala aturan di sekolah. Hanya dengan kita mengetahui keadaan siswa tersebut kita juga dapat memberikan pembelajaran kepada mereka dengan menghubungkan antara hak dan kewajiban mereka di sekolah.
Komponen kesiswaan keberadaannya sangat dibutuhkan di dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah, oleh karena itu keberadaan siswa tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan saja, akan tetapi merupakan bagian lembaga pendidikan sekolah, dapat diartikan bahwa dibutuhkan manajemen kesiswaan yang bermutu bagi sekolah itu sendiri

 
 

 

Download Word

Download PDF

Author: Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published.